Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner - Berikut ini adalah beberapa penyebab atau pemicu penyakit jantung koroner. Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Penyakit Jantung Koroner adalah suatu kondisi yang terjadi akibat adanya penyempitan atau penyumbatan di dinding nadi koroner yang diakibatkan karena adanya endapan lemak dan kolesterol sehingga mengakibatkan suplaian darah ke jantung menjadi terganggu. Selain itu, pola hidup, pola makan dan stress juga dapat mengakibatkan terjadinya penyakit yang mematikan ini.

Gejala Penyakit Jantung Koroner
  • Tiba-tiba sakit di bagian dada belakang tulang dada atau seperti sesak dada
  • Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih)
  • Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin
  • Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali adar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung.

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner
1. Kadar Kolesterol Tinggi

Penyebab Penyakit jatung koroner adalah karena adanya endapan lemak pada dinding arteri koroner yang terdiri dari kolesterol dam zat buangan lainnya. Langkah antisipasinya adalah anda harus menjaga kadar kolesterol dalam darah, sehingga kadar koleserol dalam darah tidak menyumbat dinding arteri koroner.

2. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi akan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras sehingga dinding jantung menebal atau kaku dan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

3. Trombosis

Trombosis adalah gumpalan darah pada arteri atau vena. Bila trombosis terjadi pada arteri vena, maka resiko terkena penyakit jantung koroner akan semakin tinggi. Trombosis biasanya berada pada dinding pembuluh yang menebal karena aterosklerosis. Meroko dapat meningkatkan resiko trombosis hingga beberapa kali lipat.

4. Kegemukan atau obesitas

Kegemukan atau obesitas akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Orang yang mengalami kegemukan ini biasanya cenderung memiliki kadar HDL renda/ LDL tinggi.

5. Diabetes Mellitus

Penyakit diabetes mellitus mmeiliki peran sebagai penyebab penyakit jantung koroner, terlebih jika kadar gula yang tinggi dan tidak terkontrol dengan baik. Jika anda memiliki kadar gula yang tinggi, waspada dan lakukanlah tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit jantung koroner yang sangat mematikan.

6. Penuaan dini

Resiko penyakit jantung koroner meningkat seiring bertambahnya usia. Semakin tua, semakin menurun juga efektivitas organ-organ tubuh, termasuk kardiovaskulernya. Sekitar lebih dari 80 % penderita penyakit jantung koroner berusia di atas 60 tahun. Laki-laki cenderung lebih cepat terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan perempuan, yang resikonya baru meningkat drastis setelah menopause.

7. Keturunan

Penyakit jantung koroner ini juga dipicu oleh keturunan atau faktor genetik. Jika anda memiliki orang tua yang memiliki keluhan penyakit jantung koroner, anda memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner dengan cepat, dapat kita lakukan sendiri dengan menggunakan bahan alami ramuan herbal, yaitu: klit buah manggis, dan ekstrak daun sirsak. Anda bisa menyimak bagaimana khasiat luar biasa manggis yang dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner sec ara cepat, simak di => Obat Penyakit Jantung Koroner.

Demikianlah sajian informasi faktor penyebab penyakit jantung koroner. Kenali gejalanya sedini mungkin dan jalanilah pola makan dan gaya hidup yang sehat. Jangan biarkan penyakit jantung koroner merenggut kebahagiaan anda. Terima kasih anda telah menyimak sajian yang kami berikan, semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. Nah buat yang suka makan junk food hati-hati deh. Mending ganti cemilannya sama omega 3 plus nature epa

    ReplyDelete