Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan - Kemangi merupakan terna kecil yang daunnya telah populer dijadikan sebagai lalapan dan disertakan dalam sajian kuliner di Nusantara. Kemangi memiliki aroma yang sangat khas, dan kerap kali disajikan sebagai lalapan, salah satu bumbu pepes, dimakan bersama daun kubis, irisan ketimun, dam sambal untuk menenami lauk.

Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan
Kemangi adalah hibrida antarspesies antara 2 spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. Ia dikenal juga sebagai O, Basilicum Var. anisatium Benth. Aromanya yang khas menunjukkan adanya kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya. Kemangi ini salah satu jenis tanaman tahunan yang tumbuh tegak dengan cabang yang banyak, berbentuk perdu yang tinggi mampu mencapai 100 cm, bunganya tersusun di tandan yang tegak.

Bentuk daunnya panjang, berbentuk taji atau bulat telur, berwarna hijau dan memiliki aroma yang harum. Ujung daun bisa tumpul atau bisa juga tajam, panjangnya mencapai 5 cm, permukaan bergerigi atau jug rata. Wanginya seperti cengkeh dan rasanya sedikit pahit.

Selain memiliki aroma yang wangi dan digunakan sebagai lalapan teman lauk, ternyata kemangi memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena dalam daun kemangi terdapat kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, diantaranya : vitamin A, fosfor, zat besi, kalsium, betakaroten, vitamin C dan magnesium. Berikut ini adalah beberapa khasiat daun kemangi bagi kesehatan :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan
Daun kemangi telah terbukti mampu secara klinis mengobati dan meredakan beberapa gangguan pencernaan seperti penyakit diare, sembelit, mual, maag, dan cacingan. Untuk mengatasi masalah pencernaan yang anda keluhkan, anda bisa melakukan pengobatan dengan menggunakan daun kemangi dengan cara membiaskan diri untuk mengkonsumsi daun kemangi setiap sarapan. Jika anda kurang menyukai kemangi sebagai lalapan, anda bisa juga membuatnya seperti teh, yaitu dengan cara direbus.

2. Menyuburkan Pria
Manfaat daun kemangi bagi kesehatan ternyata sangat penting bagi kesuburan pria. Daun kemangi ini dapat membantu mencegah kemandulan, khususnya pada pria. Hal ini karena daun kemangin kaya akan zat arginine, yang telah diakui memberikan manfaat untuk memperkuat daya tahan dan memperpanjang usia hidup sperma. Untuk kaum wanita sendiri, daun kemangi bermanfaat untuk merangsang produksi hormon progesteron dan estrogen.

3. Menghilangkan Komedo
Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun kemangi juga berkhasiat untuk kecantikan. Untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan daun kemangi ini anda cukup menumbuk daun kemangi dan menjadikannya sebagai masker wajah. Setelah dioleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih. Selain dapat mengusir komedo, kemangi ternyata juga dapat membuat wajah menjadi lebih sehat dan cerah, dalam hal ini tentunya anda sangat diuntungkan dengan mendapatkan 3 manfaat sekaligus. Bagaimana, anda berminat?

4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Daun kemangi mengandung mineral magnesium dan senyawa sineol, kandungan inilah yang dapat membantu melebarkan pembuluh nadi dan menjaga kestabilan denyut jantung sehingga aliran darah di seluruh tubuhpun menjadi lancar.

5. Menghilangkan Bau Mulut dan Bau Badan
Memiliki masalah dengan batu mulut dan bau badan? Kini anda tak perlua khawatir lagi, kita dapat mengatasinya dengan bahan alami yang dengan mudah dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita. Caranya cukup mudah, anda hanya cukup mengkonsumsi minimal 10 lembar daun kemangi setiap hari secara teratur. Atau, anda juga bisa merebus daun kemangi yang dicampurkan dengan sedikit gula aren, kemudian minumlah air rebusan daun kemangi tersebut. Lakukan secara rutin, Insya Alloh masalah bau mulut dan bau badan yang dikeluhkan akan cepat menghilang.

6. Mengobati Panas Dalam
Kemangi mengandung vitamin C dan beberapa senyawa kimia di dalam getah daunnya, zat-zat tersebut sangat bermanfaat untuk menyembuhkan  panas dalam dan sariawan. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda cukup mengunyah beberapa lembat daun kemangi mentah atau mengkonsumsi air rebusan kemangi secara teratur.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi kemangi setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Selain karena memiliki kandungan vitamin C, dalam daun kemangi juga terdapat kandungan betakaroten yang bekerja merangsang produksi antibodi di dalam tubuh sehingga sistem immunitas tubuh kita menjadi lebih kuat. Selain mampu meningkatkan sistem imun, betakaroten juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

8. Mengobati Masuk Angin
Sebenarnya, masyarakat sudah sejak dulu menggunakan daun kemangi untuk mengobati perut kembung dan masuk angin. Caranya, campurkan air perasan daun kemangi, irisan bawang merah, dan minyak kayu putih. Setelah itu, olehskan ramuan tersebut di punggung dan perut.

9. Menangkal Radikal Bebas
Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa daun kemangi kaya akan zat antioksidan yang efektif dapat melawan radikal bebas akibat polusi dan lingkungan sekitar. Radikal bebas telah diketahui mampu menignkatkan resiko seseorang untuk terkena berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi daun kemangi setiap hari, ini akan memberikan manfaat pada tubuh kita menjadi lebih sehat.

10. Mencegah Kelainan Jantung
Protein dalam daun kemangi berkhasiat untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung. Magnesium dalam kemangi juga berfungsi menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah. (Baca : obat tradisional penyakit jantung)

11. Anti Inflamasi
Daun kemangi ini bersifat anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh dalam meredakan radang sendi, kemangi juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

12. Manfaat Lain
Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan demikian, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Selain itu, daun kemangi juga efektif dalam meredakan stress, mencegah diabetes, dan mengatasi penyakit batu ginjal.

Itulah Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan. Dengan mengetahui beberapa manfaat kemangi bagi kesehatan, tentunya tidak ada alasan bagi anda untuk ragu untuk menambahkan daun kemangi ke dalam sajian makanan yang anda konsumsi. Semoga bermanfaat..

0 comments "Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment