Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh - Bawang putih termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian. Bawang putih lebih kita kenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur yang telah populer di berbagai belahan dunia, dan yang paling menakjubkan adalah kemampuan bawang putih ini adalah mampu mencegah kanker, dan hal ini telah teruji secara klinis melalui penelitian para ahli kesehatan dunia.

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Bawang putih memiliki aroma yang menyengat dan tidak heran jika ada beberapa orang yang kurang begitu menyukai aroma ini, apalagi untuk dikonsumsi secara langsung dalam kondisi mentah, sehingga penggunaannya kerap kali hanya sebagai bumbu dapur yang jumlahnya sedikit kita konsumsi.

Bawang putih adalah tanaman yang telah digunakan sejak zaman mesir kuno, kandungan Allicin adalah salah satu kandungan zat yang kerap digunakan sebagai obat. Allicin ini juga merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih, adapun fungsinya sebagai zat antibakteri. Adapun beberapa manfaat Allicin ini adalah sebagai berikut :
  • Menurunkan berat badan
  • Mengencerkan arah
  • Mencegah hipertensi
  • Zat antikanker
  • Antioksidan
  • Dan antimikroba/bakteri.
Zat inilah yang membuat ciri khas bau menyengat pada bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut dengan Allicin yang diyakini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan pencegah berbagai jenis penyakit yang tiada duanya.

Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

1. Anti kanker

Salah satu bukti nyata bahwa bawang putih memiliki khasiat sebagai antikanker adalah dengan ditemukannya kandungan PhlP oleh para peneliti, PhlP merupakan salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, zat diallyl sulfida yang terdapat pada bawang putih mampu menghambat pertumbuhan dan transformasi PhlP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara. Namun, perlu diketahui bahwa bawang putih memiliki zat antikanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi Anda.

2. Obat Diabetes Mellitus. 

Bawang putih adalah obat tradisional penyakit diabetes mellitus. Bawang putih merupakan bahan alami yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita penyakit diabetes mellitus. Sehinga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit kencing manis ini.

3. Mengurangi Kolesterol Jahat

Salah satu khasiat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang luar biasa adalah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Bawang putih mampu memangkas LDL (koelsterol jahat) dalam tubuh secara signifikan. Berbagai riset telah membuktikan bahwa kemampuan bawang putih dalam memangkas LDL sebanyak 10-15%. Jangan khawatir dengan HDL (kolesterol baik) Anda, karena bawang putih hanya akan menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mempengaruhi keberadaan kolesterol baik bagi tubuh Anda. Jadi, aman kan?
4. Menjaga Kesehatan Jantung

Radikal bebas yang bercampur dengan oksigen yang dihirup dapat membahayakan kesehatan jantung Anda. Bawang putih mampu melindungi organ jantung dari berbagai jenis radikal bebas yang bertebaran di udara.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan gas hidrogen sulfida dalam bawang putih bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah serta berperan besar dalam mengontrol tekanan darah seseorang. Telah banyak riset yang mengaluarkan fakta bahwa bawang putih menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Bahkan efek bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah orang normal. Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

6. Mencegah Demensia Alzheimer

Kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sangat beperan dalam penuaan dini. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadapt kerusakan oksidatif. Suplemen bawang putih telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stress oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi. Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah tinggi, serta sifat antioksidan dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Demensia Alzheimer.

7. Menurunkan Berat Badan

Berbagai riset telah menemukan bahwa zat antiinflamasi yang terdapat dalam bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesitas atau kelebihan berat badan terjadi ketika lemak terus menerus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang dinamakan sistem inflamasi. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk menurunkan berat badan berlebih dan mendapatkan berat badan ideal. (Baca : Obat Tradisional untuk Melangsingkan Tubuh).

8. Penghilang Sakit Gigi

Bawang putih bermanfaat saat kritis atau mendesak ketika Anda mengalami sakit gigi. Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi Anda. Sifat antivirus serta antibakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang Anda keluhkan.

9. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Penelitian terkini mengenai bawang putih telah menunjukkan bahwa ia sangat ampuh dalam memboost metabolisme zat besi. Zat besi disimpan dalam sel yang terdapat dalam tubuh kita, aktivita selanjutnya adalah pemindahan keluar dari sel dan kembali dalam sistem sirkulasi tubuh yang tentu membutuhkan protein yang dinamakan ferroportin, yaitu suatu protein yang berjalan melintasi membran sel dan menyediakan jembatan bagi zat besi untuk menyebrang dan meninggalkan sel. Bawang putih dapat meningkatkan produksi protein ini sehingga mampu menjaga zat besi beredar dalam tubuh sesuai kebutuhan.

10. Antivirus/ Antibakteri serta Antioksidan yang Ampuh

Khasiat bawang putih yang populer adalah sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai antivirus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkemabngan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

11. Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.
  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.
Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori.

Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

12. Menjaga Kecantikan Kulit

Tidak hanya kesehatan yang ditopang oleh bawang putih, seperti halnya manfaat mentimun, bawang putih juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.
  • Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
  • Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  • Obat jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal. (Baca : Obat Tradisional Penghilang Jerawat).
Itulah Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai manfaat luar biasa yang terkandung dalam bawang putih, serta mampu mengoptimalkan khasiat bawang putih yang dapat kita ambil untuk menjaga kesehatan tubuh dan pengobatan berbagai jenis penyakit tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal dan tentunya aman tanpa menimbulkan efek samping.

0 comments "Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment