Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh - Kacang Tanah (Arachis hypogeae L.) adalah tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah sedelai di Indonesia. Tanaman kacang tanah ini berasal dari benua Amerika tumbuh secara perdu setinggi 30-50 cm (1 hingga 1,5 kaki) dengan daun-daun tersusun majemuk.

Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Kacang tanah merupakan satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Jika buah yang masih muda terkena cahaya, proses pematangan biji terganggu. Di Indonesia sendiri kacang tanah ini dikenal pula dengan sebuatan kacang Una, Suuk (sd), Karang Jebrol, kacang Bandung, Kacang Tuban, Kacang Kole, serta Kacang Banggala. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai bahasa inggris, yaitu peanut groundnut.

Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

1.Mengontrol kadar kolesterol

Khasiat kacang tanah yang pertama akan kita bahas adalah sebagai penurun kolesterol jahat. Kacang tanah merupakan obat tradisional penurun koletserol. Kacang tanah diketahui memiliki lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang tanah juga bisa menurunkan kolesterol yang merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung dan koroner.

2. Menurunkan gula darah

Penderita penyakit diabetes mellitus sangat baik mengkonsumsi kacan tanah. Bagaimana tidak, kacang tanah kaya akan mangan dan bisa membantu penyerapan kalsium dan lemak. Dengan demikian, kacang tanah juga baik untuk menstabilkan kadar gula di dalam darah. Selain itu, kacang tanah juga kaya akan antioskidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai serangan penyakit yang menyerang tubuh.

3. Mengatasi depresi

Kacang tanah populer akan kemampuannya yang dapat meningkatkan mood. Hal ini karena kacang tanah mengandung banyak tryptophan yang membantu melepaskan zat kimia khusus yang bisa menurunkan tingkat depresi. Jika suatu saat Anda merasa depresi, tidak ada salahnya konsumsi kacang tanah untuk mengatasi depresi yang dikeluhkan secara alami.

4. Sumber energi yang baik

Kacang tanah merupakan sumber energi yang baik. Ketika Anda merasa lelah atau tak berenergi, mengkonsumsi kacang tanah merupakan salah satu alternatif yang baik untuk mengatasi kelelahan tersebut. Kacang tanah mengandung antioskidan dan mineral yang bisa menjadi energi instan untuk tubuh. Kacang tanah juga mampu menurunkan berat badan, karena di dalam kacang tanah kandungan lemak dan karbohidratnya rendah, namun cukup mengenyangkan.

5. Anti kanker

Khasiat kacang tanah mengandung banyak asam p-coumaric yang dapat membantu menurunkan resiko kanker perut. Kacang juga bisa menurunkan resiko penyakit kanker usus besar pada wanita hingga 40%.

6. Mencegah batu ginjal

Kacang tanah adalah salah satu bahan alami pencegah batu ginjal. Kacang tanah baik dalam bentuk alami atau selai kacang sangat bermanfaat dan mampu menurunkan resiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, kacang tanah juga mencegah pembentukan berbagai macam batu dalam tubuh serta infeksi liver hingga 50%. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Batu Ginjal).

Itulah beberapa khasiat kacang tanah untuk kesehatan tubuh. Bentuknya yang kecil dan harganya yang terjangkau oleh semua kalangan masyarakat ini ternyata menyimpan begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Terima kasih telah menyimak sajian manfaat kacang tanah bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 comments "Khasiat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment