Sayur Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Sayur Pantangan untuk Penderita Asam Urat - Asam urat merupakan produk sampingan dari sistem merabolisme purin. Beberapa jenis makanan yang mengandung kadar purin tinggi diantaranya adalah daging, seperti daging sapi, hati, kalkun, dan beberapa jenis ikan.

Kadar purin yang terlalu tinggi dalam tubuh akan mengkristal dan terkumpul di persendian, menyebabkan inflamasi (peradangan) dan pembengkakan yang merupakan tanda-tanda atau gejala klasik asam urat.
Selain harus mengurangi konsumsi daging, hati, ayam kalkun, dan beberapa jenis ikan, penderita penyakit asam urat ini juga harus mengurangi mengkonsumsi sayuran tertentu. Apa saja sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit asam urat, simak sayur pantangan untuk penderita asam urat berikut ini :

1. Bayam

Sayur Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Bayam adalah sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak demikian dengan penderita penyakit asam urat, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang harus dihindari karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Menurut tabel makanan AcuMedico bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.


2. Asparagus

Asparagus Sayur Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Asparagus tinggi folat dan kalium dapat dimakan baik dalam keadaan panas atau dingin. setelah dimasak. Asparagus juga merupakan salah satu sayur yang sebaiknya dihindari untuk penderita penyakit asam urat karena kanudngan purinnya tinffi. Menurut AcuMedico, kandungan purin yang terkandung dalam asparagus adalah 23 gram per 100 gram.

3. Kembang Kol

Sayur Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah satunya. Menurut AcuMedico, purin dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol. (Baca: Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh).

4. Jamur

Jamur Sayur Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Siapa yang tidak tahu jamur? Ya, jamur ini adalah salah satu bahan makanan yang kerap kali dikreasikan dalam berbagai menu masakan yang lezat. Namun jangan salah, dibalik rasanya yang lezat, ternyata jamur merupakan makanan terlarang bagi para penderita penyakit asam urat, karena jamur ini memiliki kadar purin tinggi dan tidak baik jika dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki keluhan asam urat. Ada kisaran 92-17 purin per 100 gram jamur, menurut AcuMedico.

Itulah beberapa jenis sayur pantangan untuk penderita asam urat. Untuk mengontrol kadar asam urat atau zat purin dalam tubuh, sudah menjadi kewajiban bagi Anda penderita penyakit asam urat untuk menghindari beberapa jenis sayuran tersebut, karena jika Anda mengkonsumsi makanan yang termasuk ke dalam pantangan bagi penderita penyakit asam urat, dampak buruk yang mungkin terjadi adalah keluhan penyakit asam urat yang Anda keluhkan akan semakin parah. Sungguh ironis bukan? 

Jalani pola makan yang sehat mulai dari sekarang, agar proses penyembuhan yang sedang Anda jalani dapat berlangsung dengan cepat. Terima kasih telah menyimak sajian informasi sayur pantangan untuk penderita penyakit asam urat. Semoga bermanfaat..

0 comments "Sayur Pantangan untuk Penderita Asam Urat", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment