Berbagai Jenis Buah Anggur dan Manfaatnya

Berbagai Jenis Buah Anggur dan Manfaatnya - Buah anggur atau dalam bahasa latin disebut Grapes, Vitis Vinivera, Vitis Labrusca ini ternyata memiliki banyak jenisnya yang tesebar di seluruh dunia. Jenis dan manfaat buah anggur juga sangat luar biasa. Warna buah anggur ini sendiri bermacam-macam, diantaranya ada warna merah, ungu, hijau, kuning, dll. Adapun beberapa jenis buah anggur dan manfaatnya, adalah sebagai berikut :
Berbagai Jenis Buah Anggur dan Manfaatnya

1. Kaiji Grape

Anggur jenis ini tergolong jenis hibrida berukuran diameter 22-24 cm, berbentuk lonjong dan memiliki rasa manis serta daging buah yang kenyal dan warnanya merah agak putih bening.

2. Auxerrois Grape

Anggur jenis ini berwarna kuning terang tapi lebih cenderung putih dan berbentuk bulat kecil. Anggur ini biasanya digunakan untuk pembuatan white wine.

3. Carbernet Franc Grape

Anggur yang memiliki ciri berwarna biru gelap ini banyak dijumpai di negara Prancis. Anggur ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan wine dan jus, selain itu anggur ini juga dipakai sebagai bahan campuran pembuatan saus anggur.

4. Rosario Bianco Grape

Jenis anggur ini berwarna hijau muda. Di Indonesia sendiri sering disebut dengna anggur hijau, bentuknya lonjong, memiliki rasa manis yang segar dan renyah membuat anggur jenis ini sangat cocok untuk disantap setelah makan.

5. Barborossa Grape

Anggur yang memiliki warna buah merah ini memiliki rasa yang cukup kuat dengan tekstur buah yang tidak mudah rusak, dan itulah yang menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan sebagai salad.

6. Seikire Grape

Anggur jenis ini mempunyai bentuk fisik sama dengan anggur jenis rosario bianco grape, tapi warnanya cenderung merah pekat.

7. Chenin Blanc Grape

Anggur jenis ini berwarna hijau pekat, teksturnya halus dan rasanya yang manis membuat angur ini cocok sebagai olahan wine. Anggur ini juga mempu beradaptasi di iklim tropis dan bisa dikonsumsi secara langsung.

8. Takazuma Grape

Rasa dari anggur takazuma ini sangatlah manis dan memiliki warna merah pekat. Anggur ini cocok untuk dikonsumsi sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut.

Kandungan Nutrisi dalam buah anggur

Kandungan zat gizi fitonutrien pada buah anggur antara lain : Vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan B2, Pektin, cafeic acid, plofinol. kalsium, kalium fosfor, mineral besi, serat dan air.

Manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan.
  • Pembentukan sel darah 
  • Anti virus dan antikanker
  • Membantu fungsi ginjal
  • Membersihkan organ hari
  • Menurunkan kolesterol
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan
  • Mengobati asma
  • Menghilangkan kerut di wajah
  • Mencegah kerusakan gigi dan memutihkan gigi
  • Mencegah penyakit katarak
  • Mengatasi susah tidur (insomnia) dan kelelahan
  • Mempercantik kuku dan mengatasi migrain (sakit kepala sebelah).
Itulah beberapa jenis buah anggur dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki rasa yang enak, anggur ternyata memiliki sejuta khasiat yang luar biasa untuk tubuh kita, luar biasa bukan? Terima kasih telah menyimak sajian macam-macam buah anggur dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 comments "Berbagai Jenis Buah Anggur dan Manfaatnya", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment