Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh - Anggur biasa disantap begitu saja sebagai bahan resep masakan atau dijadikan sirup. Di wilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini biasa hidup di daerah dengan intensitas yang cukup tinggi dengan curah hujan rendah. Sekitar 60 jenis varietas anggur, dikonsumsi oleh seluruh dunia.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Anggur
Khasiat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh

Anggur memiliki banyak kandungan zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Setiap varietas, anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen  air dan 20% zat gula, yang menjadikannya sebagai buah yang sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh. 10 % zat lain termasuk di dalamnya antara lain :
  • Asam galat
  • Glukosida
  • Asam fosfat
  • Mangan
  • Zat besi
  • Vitamin
  • Kalsium
Senyawa lain seperti zat polifenol dna resveratol terkandung dalam anggur yang kita kenal sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan anggur menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, untuk mencegah terbentuknya sel penyebab terjadinya kanker.

1. Sumber gula darah yang baik

Seperti yang terdapat dalam buah semangka memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi sekitar 70-75, yang tidak terlalu cocok untuk dimakan orang yang memiliki masalah keseimbangan gula darah. Pada buah anggur hanya tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur. Simak >> Obat Tradisional Penyakit Gula Darah.

2. Anti mikroba

Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Pada penelitian memang belum menemukan bagaimana zat anti mikroba ini di dapat dari dalam buah anggur. Zat ini membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada penelitian pada buah anggur menunjukkan bahwa kandungan zat resveratrol ini, memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah.

Penelitian tersebut juga  ditunjukkan saat keadaan tubuh yang santai, dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah atau saat  darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. hal ini bermanfaat dalam peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, serta menjaga kesehatan jantung.

4. Sumber vitamin yang baik

Buah anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap satu porsi anggur merah memberikan sekitar 16 mg vitamin C, sekitar 27% dari kebutuhan harian, pada diet 2.000 kalori seperti manfaat jeruk. Sejumlah vitamin lain juga ditemukan dalam buah anggur ini, antara lain :
  • 22 mcg vitamin K (sekitar 28% dari nilai diet harian)
  • 0,4 mg thiamin (27 % dari nilai harian)
  • Vitamin E
  • Vitamin A, asam pantoenat
  • Vitamin B-6
  • Folat
  • Beta-karoten
  • Alpha karoten
Vitamin membantu fungsi proses tubuh berjalan dengan benar yang akan mengurangi resiko masalah kesehatan tertentu. Selain itu, buah anggur juga memiliki kandungan sejumlah mineral penting. Setiap porsi anggur merah menyediakan mineral seperti :
  • 288 mg kalium
  • 0,2 mg tembaga
  • 0,1 mg mangan
  • 0,5 zat besi
5. Perlindungan tubuh dari radiasi

Kandungan nutrisi yang telah terbukti dapat melindungi tubuh terhadap radiasi, saat digunakan sebagai pengobatan terhadap radiasi kanker

6. Membantu pemulihan otot

Antioksidan yang kuat dapat mendukung sel-sel dan organ, dalam menghilangkan asam urat dan racun lainnya dari tubuh. Termasuk juga memberi dukungan terhadap pemulihan cedera otot bagi para atlet.

7. Mencegah kanker kulit

Telah banyak penelitian yang dilakukan para ahli kesehatan menunjukkan bahwa zat resveratol menunjukan pengaruh yang positif terhadap perkembangan sel kanker. Resveratrol memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan karena paparan sinar UVB matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap kanker kulit. (Baca : Obat Tradisional Penyakit Kanker Kulit).

8. Melembabakan kulit wajah

Buah anggur ini adalah buah yang mampu menjaga kecantikan dan kelembabab kulit wajah, caranya sangat mudah. cukup iris buah anggur menjadi 2 bagian, kemudian oleskan pada wajah diamkan selama 15 menit. Lakukan secara rutin 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur dan rasakanlah manfaatnya.

9. Mencerahkan wajah

Wajah yang kusam tentunya sangat mengganggu penampilan Anda dan juga mempengaruhi tingkat kepercayaan diri. Kita bisa mengatasi wajah yang kusam ini dengan memanfaatkan buah anggur, caranya ambil 1-2 buah anggur kupas kulitnya, lalu remas dengan tangan. Campurkan dengan madu sekitar 2- 3 tetes, kemudian oleskan ke wajah yang bersih. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

1 comments:

  1. Artikel yang bermanfaat.

    Baca artikel kesehatan lainnya di blog saya, bangfajar.com

    Terimakasih.. harap kunjungan baliknya jika ada waktu

    ReplyDelete