Beberapa Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai

Beberapa Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai - Jangan pernah mengabaikan batuk, karena jika kita mengabaikan batuk tanpa memberikan penanganan yang tepat justru akan mengakibatkan timbulnya penyakit yang lain. Lakukanlah pemeriksaan pada dokter atau tenaga medis lainnya, agar keluhan batuk yang Anda derita dapat  segera diatasi.

Beberapa Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa jenis batuk yang harus kita waspadai, karena penyakit ini berbahaya dan ironisnya kebanyakam masyarakat kita menganggapnya sebagai penyakit yang sepele dan tidak melakukan pengobatan sedini mungkin. Adapun jenis batuk yang harus diwaspadai terbsebut adalah sebagai berikut :

1. Jenis batuk yang memburuk dari waktu ke waktu dan disertai dengan kelelahan, nyeri dada, batuk darah, suara serak, atau sesak nafas.

Jangan sekali-kali meremehkan batuk jenis ini, karena kondisi tersebut mungkin merupakan gejala kanker paru-paru. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan tes diagnostik seperti x-ray, CT scan, MRI, dan tes darah untuk memastikan batuk yang diderita pasien dan juga untuk pengobatan yang sesuai dengan batuk yang dikeluhkan.

2. Batuk yang disertai dengan sakit maag yang terjadi lebih dari 2x/minggu

Jenis batuk yang harus diwaspadai berikutnya adalah batuk yangdisertai dengan sakit maag. Banyak sekali jenis batuk tetapi batuk yang disertai dengan maag jangan sekali-kali diabaikan, karena mungkin saja kondisi ini merupakan penyebab dari Gastroesophageal reflux disease (GERD), suatu kondisi sakit maag kronis. Untuk batuk seperti ini, biasanya dokter akan meresepkan kepada pasien antasida dan obat yang menghambat produksi asam lambung serta merekomendasikan pemeriksaan gastrocopy untuk menilai kerakan pada kerongkongan.

3. Batuk kering disertai dengan sesak nafas

Batuk yang disertai dengan sesak nafas, terdengar sangat menyakitkan. Bagaimana tidak, batuk kering sedikit memberikan rasa sakit pada teggorokan dan ditambah lagi dengan gejala sesak nafas. Kemungkinan penyebabnya adalah penyakit paru-pari obstruktif kronis, yaitu suatu kondisi yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema yang biasanya disebabkan oleh merokok. Dokter biasanya akan melakukan tindakan uji tes untuk mengukur kapasitas paru-paru dengan menerapkan x-ray pada dada pasien. Dan sayangnya, belum ada obat untuk mengatasi penyakit ini, akan tetapi jika masih tahap awal gejalanya dapat diobati. Oleh karena itu, jika Anda adalah perokok aktif, maka tinggalkan kebiasaan buruk Anda mulai saat ini, karena merokok hanya akan merusak kesehatan Anda.

4. Batuk setelah minum obat

Setelah minum obat, batuk tak kunjung reda. Sebenarnya apa yang terjadi? Setidaknya ada 5 dari 10 orang yang minum obat yang berjenis inhibitor ACE, mengalami efek samping seperti batuk kering. Konsultasikan kepada dokter apakah ada obat lain yang tidak memiliki efek samping menyebabkan batuk kering, agar keluhan batuk yang Anda derita dapat segera teratasi.

5. Batuk di malam hari disertai lendir dan menyebabkan suara serak

Batuk dimalam hari memang sangat menyakitkan, apalagi batuknya berlendir dan berakhir dengan suara serak, jangan pernah mengabaikan batuk ini karenaKemungkinan hal ini disebabkan oleh asma sehingga Anda perlu menemui dokter untuk mendapatkan resep obat seperti bronkodilator atau obat kortikosteroid yang dihirup untuk mengontrol asma.

6. Batuk disertai dengan tenggorokan kering, pilek, hidung sengau, atau dahak berlebihan

Ini adalah daftar terakhir dari jenis batuk yang harus diwaspadai. Kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh adanya alergi atau infeksi sinus. Periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan obat alergi atau jika penyebabnya adalah sinus, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik.

Simak Juga:
Itulah beberapa jenis batuk yang harus diwaspadai. Batuk memang salah satu penyakit yang selama ini kita anggap sepele. Setelah mengetahui jenis-jenis batuk yang kemungkinan adalah gejala penyakit berbahaya, diharapkan agar kita menjadi lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita sendiri, dengan segera melakukan pengobatan sedini mungkin agar keluhan batuk yang diderita dapat segera diatasi. Semoga bermanfaat..

0 comments "Beberapa Jenis Batuk yang Harus Diwaspadai", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment