Tips Alami Mengatasi Batuk pada Anak

Tips Alami Mengatasi Batuk pada Anak - mengatasi batuk pada bayi atau balita tidak boleh sembarangan. Meskipun terlihat sepele, perlu diketahui bahwa daya tahan anak balita masih sangat lemah. Cara penyembuhan dan pemberian obatnyapun tidak bisa kita samakan dengan orang dewasa, meskipun dalam dosis yang sedikit.

tips alami mengatasi batuk pada anak
Banyak sekali jenis obat batuk yang beredar di pasaran, akan tetapi pemberian obat pada anak balita tanpa resep dokter sangatlah berbahaya, baca aturan pakai dan akan lebih baik jika Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter.

Pengobatan batuk pada bayi dan anak balita sendiri memang banyak macamnya, dimulai dari pengobatan secara medis hingga pemberian obat tradisional dari bahan-bahan herbal yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Di Indonesia sendiri, dahulu obat batuk tradsional lebih sering digunakan untuk mengatasi batuk pada bayi ataupun pada anak balita, karena dipercaya efektif sembuhkan batuk tanpa menimbulkan efek samping dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Berikut ini adalah beberapa tips alami mengatasi batuk pada anak balita.

Simak juga ;

Tips Mengatasi Batuk pada Anak Secara Alami

1. Jeruk nipis dan madu

Bagi Anda yang memiliki buah hati berusia di atas 1 tahun, bisa mencoba mengobati batuk yang dikeluhkan sang anak dengan minuman hangat campuran jeruk nipis dan madu. Campuran jeruk nipis dan madu ini akan meredakan gatal pada tenggorokan dan mampu merangsang keluarnya air liur yang dapat meredakan batuk pada anak. Untuk bayi usia 1-5 tahun, resepnya adalah setengah sdt madu dengan sedikit jeruk nipis campurkan dengan air hangat. Minumkan ramuan ini pada saat bayi sebelum tidur.

2. Kunyit

Cara mengobati batuk pada anak balita dengan menggunakan kunyit cukup mudah, bagi Anda yang memiliki bayi atau balita yang masih menyusu, oleskan bubuk kunyit pada payudara sang ibu sebelum menyusui, bisa juga mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu. Berikan ramuan kunyit ini 2x sehari, kunyit mampu mengurangi inflamasi dan memperkuat daya tahan tubuh bayi.

3. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja. Rempah yang kerap kita temui di dapur rumah kita ini memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu meredakan batuk pada anak balita secara alami. Caranya sangat mudah, cukup kerirngkan bawang putih ke kantong kain kemudian taruh di tempat tidur bayi Anda, tapi jangan terlalu dekat atau berada dalam jangkauan sang buah hati. Untuk bayi berusia di atas 6 bulan, dapat juga dilakukan dengan mengusapkan kantong kain pada dada, tapi jangan dilakukan secara langsung, cek dulu temperaturnya dan pegang dengan tangan.

4. Minyak tradisional

Ramuan tradisional lainnya yang bisa mengatasi batuk pada bayi adalah minyak tradisional. Minyak yang banyak variannya di Indonesia seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, ataupun minyak rosemary, dinilai bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sakit batuk pada bayi dan juga balita. Meskipun tidak dengan cara dikonsumsi seperti dua ramuan sebelumnya, namun cara ini juga dinilai cukup efektif membantu mengatasi batuk pada bayi 5 bulan, 1 tahun ataupun pada balita (tidak ada batasan umur). Jangan oleskan minyak tradisional ini dekat wajah bayi Anda, cukup di bagian dada, terlebih dahulu oleskan dalam jumlah sedikit.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas, mengatasi batuk pada bayi juga dapat dilakukan dengan memberikan minum air hangat secara teratur, agar bayi tetap terhidrasi. Selain itu, berikan bubur sayuran, bubur ayam, keduanya dapat membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh bayi.

Pemberian obat tradisional dari ramuan herbal reaksinya memang tidak secepat obat kimia, namun resiko atau efek sampingnya sangatlah kecil dan dapat dikatakan relatif lebih aman untuk bayi dan balita. Selain bahannya yang alami, daya tahan tubuh bayi juga masih belum terlalu kuat untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia. Semoga bermanfaat..

0 comments "Tips Alami Mengatasi Batuk pada Anak", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment