Perbedaan antara Flu dan Pilek yang harus diketahui

ObatTradisionalPenyakitAmandel.blogspot.com. Perbedaan flu dan pilek sejauh ini kebanyakan dari masyarakat kita menganggap kedua jenis penyakit ini adalah sama. Tapi, apakah Anda sempat berfikir bahwa antara flu dan pilek itu sama? Sebenarnya ini adalah 2 kondisi yang berbeda, namun mungkin bisa menunjukkan beberapa gejala yang hampir sama yaitu : gatal pada tenggorokan, pusing, dan hidung tersumbat.

Perbedaan antara flu dan pilek yang harus diketahui

perbedaan antara flu dan pilek yang harus diketahui

Baik flu ataupun pilek ini disebabkan oleh virus, dan gejala yang muncul memiliki kesamaan jadi memang sulit untuk membedakan antara pilek dan flu. Kecuali jika kita melakukan pemeriksaan secara medis.

Simak juga :
Pilek dan gejalanya
  • Pilek secara umum hanya menyerang pada bagian tenggorokan atas, yang bisa menimbulkan gejala seperti batuk, hidung tersumbat dan bersin-bersin.
  • Pilek bisa menyerang sepanjang tahun, tidak tergantung musim.
  • Pilek sangat menular terutama pada tiga hari pertama, jadi sangat dianjurkan untuk tidak beraktivitas di lingkungan banyak orang.
  • Pilek disebabkan oleh virus, dan ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini, namun yang paling sering adalah jenis rhinovirus.
Pengobatan pilek
  • Karena pilek ini disebabkan oleh virus, antibiotik dirasa kurang efektif untuk menyembuhkan pilek. Penggunaan obat-obatan tertentu akan lebih membantu mengurangi gejala hidung tersumbat, nyeri dan gejala lainnya seperti dekongestan, antihistamin, dll.
  • Pilek ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun jika pilek tidak kunjung sembuh maka sebaiknya periksakan ke dokter. 
Influenza dan gejalanya
  • Influenza adalah penyakit yang lebih serius dan berbeda dengan pilek, yang lebih dikatakan menginfeksi paru-paru dan persendian. Hal ini bisa berakibat pada pneumonia bahkan kegagalan pernafasan.
  • Gejala influenza biasanya tiba-tiba mengalami demam tinggi, badan terasa sakit. Gejala utama lainnya termasuk iritasi tenggorokan atau paru-paru, batuk kering, demam tinggi, tubuh gemetar, berkeringat dingin, dan sakit pada otot-otot.
  • Influenza umumnya menyerang pada saat musim tertentu atau saat pergantian musim
  • Influenza bisa menular dengan mudah
  • Influenza disebabkan oleh virus influenza A dan influenza B, yang aktif dan bervariasi setiap tahun sehingga vaksin flu harus dirilis setiap tahun.
Pengobatan influenza
  • Minum banyak air dan beristirahat ynag cukup adalah salah satu cara terbaik untuk pemulihan influenza. Untuk mengurangi gejala, bisa juga menggunakan obat-obatan sepereti ibuproofen dan acetaminopen. Akan tetapi jangan memberikan aspirin pada anak-anak, karena bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius.
  • Sama halnya dengan pilek, antibiotik juga tidak akan bekerja dengan baik dalam pengobatan influenza. Hal ini karena influenza diakibatkan oleh virus bukan bakteri.
  • Dokter mungkin akan membereikan tamiflu untuk mengobati influenza agar bisa mempersingkat proses penyembuhan dan mencegah komplikasi pneumonia. Segera hubungi dokter jika gejala tak kunjung membaik, yang mungkin menunjukkan gejala pneumonia seperti sesak nafas, demam tinggi, mengeluarkan dahak hijau, dan sakit tenggorokan yang parah.
Cara mencegah flu dan pilek
  • Untuk pencegahan influenza bisa mendapatkan vaksinasi flu, kita bisa menanyakannya pada dokter.
  • Karena flu dan pilek adalah penyakit yang mudah sekali menular, sebaiknya tidak dekat-dekat dengan penderita, hindari menggunakan peralatan makan yang sama dan hindari juga memakai barang-barang pribadi penderita.
  • Menjaga kebersihan dengan baik, seperti mencuci tangan ketika hendak makan dan menutup mulut saat beresin.
  • Menerapkan gaya hidup yang sehat dan berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup konsumsi makanan yang sehat dan segar dan menghindari stress untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama flu dan pilek.
Itulah sajian informasi mengenai perbedaan antara flu dan pilek. Bagaimana, apakah Anda sudah bisa membedakannya? Jagalah kebersihan dan mulailah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat agar flu dan pilek tidak menyerang Anda, terlebih di musim penghujan seperti saat ini. Terima kasih, semoga bermanfaat..

1 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete