Fakta Menakjubkan Mengenai Manfaat Jambu Monyet

Obat Tradisional Penyakit Amandel - Jambu monyet atau dikenal juga dengan istilah jambu mede ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak berasal dari anggota myrtaceae (jambu-jambuan). Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Anacardium Occidentale ini memiliki kekerabatan yang cenderung lebih dejat dengan suku mangga-manggaan(anacardiaceae).

manfaat jambu mede (jambu monyet)
Jambu monyet ini berasal dari hutan Amazon Brazil yang kini telah tersebar di berbagai negara seperti Vietnam, India, Benua afrika, serta di Indonesia. 

Penelitian terbaru dari European Food Research, membuktikan bahwa jambu monyet memiliki kandungan vitamin C 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk yang selama ini dianggap sebagai bank vitamin C.

Seperti yang telah diketahui, tanaman ini menghasilkan biji yang dikenal dengan kacang mede, dan bagian inilah yang biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu bahan konsumsi dalam bentuk camilan.

Manfaat kacang mede selain memiliki rasa yang lezat, juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Adapun beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gr kacang mede antara lain :
  • Eneregi = 553 kcal
  • Karbohidrat = 30.19 gr
  • Lemak = 43.85 gr
  • Protein =18.22 gr
  • Vitamin B1 = 42 mg
  • Vitamin B2 = 0.06 mg
  • Vitamin B3 = 1.06 mg
  • Vitamin B5 = 0.86 mg
  • Vitamin B6 = 0.42 mg
  • Vitamin B9 = 25 µg
  • Vitamin C = 0.5 mg
  • Kalsium = 37 mg
  • Zat Besi = 6.68 mg
  • Magnesium = 292 mg
  • Fosfor = 593 mg
  • Kalium = 660 mg
  • Zinc = 5.78 mg
Fakta menakjubkan manfaat jambu monyet
 
Tanaman yang termasuk ke dalam jenis tanaman dikotil (biji berkeping dua) ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bagi tubuh kita, antara lain:

1. Obat diabetes

Penyakit diabetes mellitus adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang mengacam keselamatan jiwa penderitanya. Tidak semua orang tahu bahwa ternyata batang dari pohon jambu monyet ini dapat dimanfaatkan sebagai obat alami penyembuh diabetes.

Cara membuat ramuan penyembuh diabetes dari batang jambu monyet sangat mudah, cukup merebus kulit batang tanaman jambu monyet kurang lebih 2 potong dan adas pulowaras dengan 2 liter air. Setelah mendidih, saring air rebusan tersebut dan minum 2x sehari, pagi dan sore.

Simak artikel tentang diabetes :
2. Mengobati radang dalam mulut

Kombinasi antara daun dan kulit batang jambu monyet juga dapat digunakan dalam pengobatan ganguan radang pada mulut. Caranya adalah dengan merebus 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batannya dengan 1 liter air. Saring air rebusan ramuan tersebut dan minum 2x sehari, pagi dan sore.

3. Menyembuhkan disentri

Mengkonsumsi rebusan daun jambu monyet dengan kulit batang jambu monyet ternyata mampu mempercepat  proses penyembuhan disentri. Adapun  cara pembuatan ramuannya sendiri  tidak jauh berbeda  dengan pembuatatan ramuan untuk  radang pada  mulut.

4. Kaya antioksidan

Kandungan mineral yang terdapat dalam kacang mede sangat berguna untuk co-faktor serta antioksidan yang sangat ampuh dalam tubuh. Beberapa jenis vitamin seperti asam pantotenat, ribovlafin, niacin, piridoksin, serta thiamin dalam kacang mede ini dapat membantu mencegah dermatitis serta mendukung metabolisme lemak, protein, serta karbohidrat dalam sel-sel tubuh.

5. Menurunkan kolesterol

Dalam kacang mede terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat(LDL). Tidak hanya itu, kacang mede juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari serangan jantung koroner dan stroke.

Simak juga :
6. Anti kanker

Sejumlah  kandungan nutrisi dalam kacang mede seperti vitamin, serat, serta mineral telah dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah pertumbuhan kanker.

7. Bahan pengawet alami

Cangkang mede menghasilkan sejenis minyak yang dinamakan CNSL (Chasew Nut Shell Liquid) yang dimanfaatkan dalam dunia industri sebagai bahan pengawet. Misalnya untuk kayu, jala, dll.

8. Pakan ternak

Tanaman jambu monyet ini dapat digunakan sebagai alternatif pakan bagi hewan ternak. Adapun bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan antara lain adalah daun, buah semu, dan kulit biji yang tidak diolah.

9. Alat perekat dan anti rayap

Batang jambu monyet mungkin dianggap memiliki nilai jual yang rendah, karena pemanfaatannya sendiri biasanya hanya sebagai kayu bakar ataupun perkakas dengan mutu yang cukup rendah. Akan tetapi, getah yang dihasilkan dari batang jambu monyet ini yang biasa disebut gom, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan perekat. Seperti untuk buku maupun sebagai perekat kayu lapis seperti kusen. Hal ini bermanfaat juga untuk mencegah serangan rayap pada kayu.

Itulah fakta mengenai manfaat jambu monyet. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai khasiat dari jambu monyet. Dan semoga kita bisa lebih bijak dalam mengambil manfaat dari potensi alam sekitar kita. Salam sehat..

0 comments "Fakta Menakjubkan Mengenai Manfaat Jambu Monyet", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment